Cara Membuat Prototype Produk

 Seorang gadis delapan tahun dari Meksiko telah memenangkan penghargaan sains bergengsi untuk membuat pemanas surya dari selang lama, panel kaca dari mantan situs konstruksi, dan log. Penemuan nya akan membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk berhenti menebang pohon untuk kayu bakar, mengurangi perubahan iklim.

Anda mungkin punya beberapa ide-ide produk terlalu. Mungkin, Anda disimpan mereka karena Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Yah, Ternyata Anda tidak harus memiliki dolar besar, gelar dalam fisika, atau laboratorium untuk memulai dengan ide produk Anda.

Xochitl Cruz Guadalupe Lopez dan pemanas surya nya (Meksiko Berita Harian)

Xochitl Cruz Guadalupe Lopez dan pemanas surya nya (Meksiko Berita Harian)

Apa yang dapat Anda lihat pada gambar di atas adalah prototipe produk. Itu langkah yang sangat yang Anda butuhkan untuk mengambil setelah Anda punya ide produk. Sebuah prototipe memberikan bukti fisik kelayakan produk Anda dan membuatnya lebih mudah untuk spot cacat desain. Anda dapat menggunakan prototipe untuk mengamankan investasi, bunga kekesalan pada crowdfunding platform, dan membuat proses manufaktur lebih mudah.

Di posting ini, kami akan memandu Anda melalui proses langkah-demi-langkah untuk menciptakan prototipe produk. Anda akan belajar bagaimana mengembangkan ide-ide Anda, menemukan produsen, dan bahkan mengajukan paten. Dan ya, anda dapat lakukan ini.

Apa itu Prototipe Produk?

The Merriam-Webster kamus mendefinisikan prototipe sebagai “model asli yang sesuatu yang berpola”.

Dalam awam berbicara, prototipe adalah kehidupan nyata, 3Versi D ide produk Anda.

Salinan dicetak 3D dari desain mainan adalah “prototipe”, seperti model kertas dan lem dari alat baru. Jika ada untuk menunjukkan ide atau belajar kelayakannya, Anda dapat menyebutnya sebuah prototipe.

Anda dapat mengklasifikasikan prototipe ke dalam empat kategori besar berdasarkan fungsi dan kompleksitas mereka:

Visual prototipe: Prototipe visual yang dimaksudkan untuk menampilkan ukuran dan bentuk dari produk akhir. Ia tidak memiliki fungsi tersebut, bahan, atau massa produk. Suka, itu hanya mewakili dimensi.

Sebuah balok kayu berbentuk dalam bentuk produk akhir adalah “prototipe visual”, seperti model digital dibuat dalam perangkat lunak 3D rendering.

3d produk prototipe contoh

render Sebuah 3D yang menunjukkan ukuran produk dan bentuk adalah contoh dari “prototipe visual” (Gambar sumber)

“Bukti dari konsep”: Ini adalah model dasar dimaksudkan untuk menunjukkan fungsi dan kelayakan ide, itu adalah, untuk membuktikan bahwa konsep tersebut benar-benar dapat bekerja. Anda biasanya akan menggunakan bahan yang tersedia di tangan untuk membuat prototipe ini. Tidak harus melihat, merasa, atau bahkan bekerja sebagai hasil akhir; itu hanya memiliki untuk menunjukkan bahwa ide adalah layak.

Sebuah contoh yang bagus dari “bukti dari konsep” prototipe adalah desain asli untuk Super hujan lebat. Alih-alih bagian mesin mewah, itu terbuat dari pipa PVC dan botol Coke kosong.

Contoh produk prototipe

Sebuah “bukti dari konsep” prototipe dibuat dari bahan yang umum tersedia (Gambar sumber)

presentasi prototipe: Sebagai nama menyarankan, ini adalah versi presentasi-siap dari produk. Hal ini fungsional dan memiliki penampilan yang sama seperti produk. Anda dapat menunjukkan prototipe ini untuk investor, terkemuka di eropa, dan calon pelanggan untuk memberikan gambaran apa hasil akhir akan terlihat seperti. Prototipe ini biasanya terbuat dari bahan khusus dan teknik manufaktur.

Anda dapat melihat contoh dari prototipe presentasi di mobil konsep yang diciptakan oleh produsen mobil. Karena ini biasanya dimaksudkan untuk demonstrasi daripada produksi, mobil ini sering menggunakan bahan mahal dan teknik manufaktur butik.

chevrolet prototipe

Yang 2007 Chevrolet Volt Concept menggunakan bahan-bahan mahal untuk menampilkan visi mobil (Gambar sumber)

prototipe pra-produksi: Ini adalah versi modifikasi dari prototipe presentasi. Ini memiliki fungsi yang sama tapi dibangun dengan menggunakan bahan-bahan produksi-siap dan metode. Produsen akan sering melihat prototipe pra-produksi untuk mengetahui bagaimana untuk memproduksi massal produk.

Contoh produk prototipe 2

Versi produksi-siap dari Chevrolet Volt menggunakan bahan standar industri dan teknik manufaktur. Perhatikan bagaimana hal itu berbeda tajam dari versi konsep di atas (Gambar sumber)

Masing-masing dari prototipe ini dibangun di atas bekas. Anda tidak harus melalui semua empat tahap, tentu saja. Anda mungkin pergi dari bukti konsep dibangun dari lakban dan kertas untuk prototipe produksi-siap.

Cara Membuat Prototype Produk Anda

Jika Anda membaca ini, Anda mungkin sudah memiliki ide untuk produk. Ini mungkin sebuah sketsa sederhana di belakang serbet, 3D render, atau bahkan sepenuhnya fleshed bukti dari konsep.

Langkah Anda selanjutnya adalah untuk mengubah gambaran kasar ini menjadi prototipe fungsional. Kami akan berbagi proses untuk membuat prototipe Anda sendiri di bawah ini:

1. Membuat diagram rinci atau sketsa

Langkah pertama dalam menciptakan prototipe adalah untuk menciptakan sebuah konsep sketsa rinci atau diagram. Tujuan Anda harus menangkap ide sebanyak mungkin dengan cara visual yang.

Idealnya, Anda harus memiliki dua sketsa konsep:

  • Sebuah sketsa desain yang menunjukkan bagaimana produk mungkin muncul setelah selesai
  • Sebuah sketsa teknis yang menunjukkan dimensi produk, bahan, dan bekerja.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk melakukan hal ini, tapi pena dan kertas kerja yang lebih baik. Anda bahkan dapat beralih ke pena dan kertas gambar-gambar ini ketika Anda mengajukan paten. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menjadi kreatif dalam langkah ini. Kau jauh dari manufaktur pada saat ini; jangan takut untuk mencoba hal-hal baru.

2. Membuat model 3D (optional)

Selanjutnya (optional) Langkah ini untuk mentransfer sketsa konsep Anda ke perangkat lunak pemodelan 3D. Ini akan membantu Anda (dan setiap pihak ketiga seperti investor atau mitra) memvisualisasikan produk yang lebih baik. Anda juga dapat menggunakan model ini untuk membuat salinan cetak 3D prototipe Anda.

Manfaat lain dari model 3D adalah bahwa Anda dapat menggunakan aplikasi augmented reality seperti Augment.com untuk memvisualisasikan itu di dunia nyata. Ini bekerja sangat baik untuk menunjukkan ukuran, bentuk, dan desain sebuah ide produk. Hal ini dapat mahal untuk bisnis kecil yang belum diluncurkan belum, meskipun.

Ada sejumlah alat yang dapat digunakan untuk membuat model 3D sederhana. Shapeways memiliki daftar yang baik dari kedua sumber informasi gratis dan berbayar.

3. Buat “bukti dari konsep”

Sekarang tiba bagian menyenangkan: benar-benar membangun ide produk.

Bagaimana Anda membangun bukti pertama Anda dari konsep akan tergantung pada sejumlah hal. Jika Anda memiliki produk sederhana yang Anda sudah dimodelkan dalam perangkat lunak 3D, Anda hanya bisa mendapatkannya 3D dicetak untuk menciptakan “bukti dari konsep” Anda.

Namun, jika Anda memiliki produk yang kompleks dengan sejumlah bagian mekanik atau elektronik, Anda harus berimprovisasi lebih keras.

Ingat bahwa bukti dari konsep tidak harus terlihat baik atau bahkan menyerupai produk akhir. Ini hanya harus bekerja. Anda bahkan dapat menggunakan produk rumah tangga biasa untuk membuat model ini tahap awal.

Untuk produk yang lebih kompleks, Anda mungkin harus mencari bantuan dari seorang tukang atau masinis.

4. Buat prototipe pertama Anda

bukti dari konsep menunjukkan bahwa produk Anda bekerja. Model 3D Anda menunjukkan apa yang mungkin terlihat seperti.

Langkah Anda selanjutnya adalah untuk menggabungkan pelajaran dari bukti konsep dan model 3D untuk membuat prototipe pertama Anda.

Ini harus menjadi model yang cukup rinci yang terlihat seperti produk akhir Anda dan memiliki fungsi yang sama.

Itu tidak selalu mungkin untuk menciptakan detail pertama prototipe ini saja. Tergantung pada kompleksitas, Anda mungkin ingin mendapatkan bantuan dari masinis atau desainer prototipe khusus.

Anda dapat menggunakan direktori seperti ThomasNet dan Engineering.com untuk menemukan desainer prototipe.

prototipe produk 2

ThomasNet memiliki ribuan desainer prototipe dan produsen untuk memilih dari

Karena ini hanya prototipe pertama, Anda tidak perlu khawatir terlalu banyak tentang jenis bahan yang digunakan atau bahkan biaya. Tujuan Anda adalah untuk mendapatkan model kerja yang menyerupai produk akhir Anda.

5. Membuat prototipe produksi-siap

Langkah terakhir sebelum Anda sampai ke manufaktur adalah untuk memangkas lemak dari prototipe pertama Anda dan mendapatkannya untuk negara produksi-siap.

Ini pada dasarnya adalah proses biaya dan kelayakan analisis. Anda harus pergi melalui setiap bagian dari prototipe dan mencari cara untuk memotong biaya tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Pada waktu yang sama, Anda harus melihat cara untuk meningkatkan estetika produk atau daya tahan.

Misalnya, Anda mungkin mengganti bagian plastik yang sering digunakan dengan logam, dan bagian logam kecil-digunakan dengan plastik. Ini akan membantu Anda memotong biaya sambil tetap mempertahankan kualitas.

Ini membantu untuk bekerja dengan produsen dan mencari tahu komponen betapa berbedanya dalam prototipe mungkin berdampak biaya dan kualitas. Anda juga harus melihat bahan baku yang berbeda dan melihat mana yang lebih menyenangkan estetis.

Tujuan Anda harus menemukan keseimbangan antara biaya dan kualitas tergantung pada target pelanggan Anda. Jika Anda menargetkan pembeli mewah, misalnya, kualitas akan lebih penting daripada biaya. Untuk pelanggan anggaran, itu akan menjadi sebaliknya.

Setelah Anda memiliki prototipe produksi-siap, anda dapat menemukan produsen dan mulai menjual ide Anda ke dunia.

Tips untuk Ikuti Ketika Membuat Prototype Produk Anda

Prototyping ide dari awal dapat menjadi kompleks, terutama untuk pembuat pertama kali. Berikut tips ini akan membuat proses lebih halus:

1. Membuat daftar fitur prioritas

Itu tak terelakkan bahwa produk akhir Anda tidak akan memiliki semua fitur yang Anda membayangkan di ide asli Anda. Biaya dan bahan kendala berarti bahwa Anda harus mengurangi beberapa fitur yang mahal.

Oleh karena itu, ketika Anda sedang merancang prototipe pertama Anda, memisahkan semua fitur dalam tiga kategori:

  • Perlu punya: Ini adalah fitur yang Anda benar-benar perlu untuk produk untuk bekerja. Misalnya, “Penyimpanan portabel” akan menjadi fitur kebutuhan untuk dimiliki dalam iPod.
  • Baik untuk memiliki: Ini adalah fitur yang akan membantu produk Anda menonjol, tetapi tidak penting untuk fungsinya. Misalnya, yang “klik roda” adalah baik-untuk-memiliki fitur di iPod. Hal itu membuat iPod lebih mudah untuk digunakan, tetapi itu tidak penting untuk menjalankan nya.
  • Tidak dibutuhkan: Ini adalah fitur yang berlebihan untuk produk dan tidak menambahkan banyak di jalan banding atau utilitas. Sering, fitur ini terlalu mahal untuk diterapkan juga. Anda dapat dengan aman membuang fitur ini di desain Anda.
ipod

Generasi pertama iPod tidak memiliki “roda klik” karena itu terlalu mahal untuk diterapkan (Gambar sumber)

Cobalah untuk memiliki banyak kebutuhan untuk memiliki fitur mungkin dalam desain akhir Anda.

2. Masuk NDAs dan paten berkas

Anda pasti akan beralih ke desainer prototipe, masinis, 3D modeler, dll. dalam rangka mengembangkan prototipe Anda.

Jika ide Anda adalah inovatif, segera Anda dapat menemukan seseorang menjualnya pada AliExpress untuk harga jauh lebih rendah. Bahkan jika mereka tidak menyalin ide produk, mereka mungkin menyalin teknik desain atau produksi baru yang dikembangkan.

Untuk melindungi diri Anda dari pencurian kekayaan intelektual, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut:

  1. Mengajukan paten untuk ide produk dan desain.
  2. Meminta semua pihak ketiga untuk menandatangani perjanjian non-disclosure (NDAs).

Nolo memiliki pemula panduan tentang pengajuan paten sendiri, meskipun idealnya, Anda akan ingin pergi melalui pengacara paten.

Untuk membuat NDAs, merujuk template ini.

3. Menjaga biaya dalam pikiran ketika merancang

Salah satu tantangan terbesar dalam menciptakan prototipe adalah menyeimbangkan utilitas dan biaya. Anda ingin produk untuk memenuhi fungsi yang dijanjikan, tetapi Anda juga ingin menjualnya dengan harga yang wajar. Produk yang luar biasa bahwa pelanggan Anda tidak mampu membayar biaya pasti akan gagal.

Pada setiap tahap dalam proses desain, tanyakan pada diri sendiri dua pertanyaan:

  • Merupakan bagian ini diperlukan?
  • Jika ya, apa bahan termurah untuk membuatnya tanpa mengorbankan utilitas?

Biaya bahan bervariasi, bahkan di antara bahan dalam kategori yang sama (seperti ‘plastik’ atau ‘logam’). Ingatlah hal ini ketika Anda sedang merancang produk Anda.

4. Gunakan teknik manufaktur standar

Alasan lain untuk biaya overruns antara prototipe untuk produk akhir adalah penggunaan teknik manufaktur kustom.

Pada dasarnya, setiap pabrik yang membangun produk Anda akan menggunakan beberapa proses manufaktur standar industri (seperti “injeksi”). Jika produk Anda tidak dapat diproduksi menggunakan mereka, pabrik harus membuat teknik disesuaikan dan melatih staf untuk menggunakannya.

Hal ini dapat menambah secara substansial terhadap biaya produksi, terutama jika Anda manufaktur dalam batch kecil.

Oleh karena itu, ketika Anda sedang merancang prototipe Anda, tetap menutup mata pada jenis proses manufaktur masing-masing bagian akan membutuhkan. Jika fitur membutuhkan teknik produksi sangat disesuaikan, mempertimbangkan menghapus itu. Seorang desainer prototipe atau masinis harus dapat membantu Anda mencari tahu ini.

5. Meminjam ide dari pesaing

Membongkar produk pesaing Anda dapat memberikan pemahaman rinci tentang apa yang bekerja, apa yang tidak ketika membuat suatu produk. Ini bisa menjadi bantuan besar dalam merancang ide Anda sendiri.

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai membuat prototipe Anda, mengambil melihat dari dekat produk pesaing Anda. Menganalisis bahan mereka, desain, dan teknik manufaktur. Carilah kelemahan dan peluang.

6. Uji prototipe produk Anda

Menguji prototipe adalah bagian penting dari pembuatan produk. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi titik lemah dalam prototipe Anda dan menghindari anggaran yang berlebihan: lebih murah untuk memperbaiki prototipe daripada produk akhir. Belum lagi, Anda akan mendapatkan wawasan berharga dari orang-orang nyata dan meningkatkan produk Anda untuk menghindari umpan balik negatif setelah Anda meluncurkannya.

Anda dapat menguji prototipe Anda sendiri dan meminta teman Anda untuk berpartisipasi sebelum Anda menguji secara eksternal.

Saat menguji prototipe Anda, pastikan untuk:

  • Tentukan apa sebenarnya yang akan Anda uji. “Saya ingin menguji prototipe saya” terlalu kabur. “Saya ingin mengetahui apakah orang dapat menggunakan produk saya untuk mengangkut kue dengan aman,”- itu akan membantu Anda mengevaluasi potensi prototipe Anda.
  • Undang audiens yang tepat untuk menguji prototipe Anda. Idealnya, itu harus menjadi audiens target Anda. Misalnya, jika Anda membuat produk untuk siswa, masuk akal untuk menawarkan mereka untuk mencobanya.
  • Tetapkan tugas yang jelas untuk orang-orang. Lebih baik menawarkan skenario yang realistis sehingga mereka memahami apa yang sebenarnya perlu mereka uji. Misalnya: Ini pesta ulang tahunmu. Anda mencari permainan papan yang memiliki aturan sederhana dan cocok untuk segala usia. Mainkan game ini untuk melihat apakah itu sesuai dengan kebutuhan Anda. ”

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin untuk diajukan kepada penguji Anda:

  • Apa yang Anda suka tentang produk ini?
  • Kapan Anda akan menggunakan produk ini?
  • Apa yang akan Anda ubah tentang produk ini?
  • Apakah Anda akan merekomendasikannya kepada teman?
  • Apakah Anda akan memilih produk serupa dibandingkan yang ada di pasaran? Jelaskan mengapa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT PROGRAM PESANAN MENU RESTORAN PADA PYTHON